Cara Membuat Jahe Merah Instan


Cara Membuat Jahe Merah Instan

Jahe merah merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang sangat banyak, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan, antioksidan dan penghangat tubuh dikala cuaca lagi dingin. Hampir semua orang Indonesia mengolah jahe hanya dengan cara tradisonal saja, yaitu direbus, lalu diminum ketika diperlukan aja atau dikenal dengan sebutan wedang jahe. Tentunya hal tersebut tidak salah, namun sayangnya minuman yang sudah jadi tadi hanya bertahan 1 atau 2 hari saja, dan kalau tidak habis harus dibuang. Maka dari itu berdasarkan pengalaman tersebut, penulis dikesempatan kali ini, mencoba membagi kan pengalaman dalam mengolah jahe merah agar dapat bertahan lama. Caranya yaitu dengan menjadikan jahe merah menjadi serbuk instan atau dikenal dengan sebutan jahe merah instan atau serbuk jahe instan, dll.  Namun tidak menggunakan bahan pengawet karena itu sangat berbahaya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. Jahe Merah  1,25 kg
  2. Gula Pasir     1kg
  3. Daun pandan 2 helai
  4. Serai           2 batang 

Baca juga: Cara Memilih Telur yang Bagus


Alat-alat yang diperlukan:
  1. Parutan
  2. Baskom
  3. Saringan
  4. Pisau
  5. Katel/penggorengan
  6. Blender


Tahap pengerjaan:
1.     Pilih jahe merah yang sudah tua dan cuci sampai bersih, termasuk daun pandan dan batang serai.
2.    Setelah jahe merah dicuci bersih, lalu dikerik sampai kulitnya terkelupas semua. Yang harus diperhatikan dalam tahap ini adalah harus menggunakan sarung tangan karet, karena kalau tidak nanti tangan akan terasa panas akibat dari efek panas jahe merah.
3.    Setelah dilakukan pengelupasan kulit jahe merah, maka langkah selanjutnya adalah mencuci kembali jahe, lalu tiriskan.
4.    Tahap selanjutnya adalah pemarutan jahe yang sudah dikupas tadi, pemarutan bisa secara manual/tradisional atau secara modern/menggunakan mesin parut listrik/blender.
5.    Setelah jahe selesai diparut, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penyaringan, untuk memisahkan sari jahe dari ampasnya.
6.    Langkah selanjutnya adalah masukan semua bahan daun pandan, batang serai dan sari jahe yang sudah dipisahkan dari ampasnya ke dalam katel/penggorengan dengan api yang menyala sedang, lalu aduk kira-kira 10 menit.
7.    Setelah 10 menit, masukan gula pasir kemudian aduk terus-menerus sampai gulanya cair.
8.    Aduk secara perlahan kurang lebih 30 menit sampai adonan berbuih, dan kecilkan apinya sampai nanti adonan berubah menjadi butiran kristal. Setelah mengkristal, matikan apinya tetapi terus aduk kurang lebih 5 menit. Maka jahe instan sudah jadi. Eiit jangan senang dulu, karena masih ada tahapan yang harus dilakukan, sampai kita mendapatkan bubuk jahe instan.
9.    Biarkan jahe instan yang sudah jadi kristal tersebut kurang lebih 2-3 jam atau sampai dingin. Setelah itu, saring butiran kristal tersebut supaya mendapatkan bubuk jahe merah instan. Jahe merah yang masih membatu/dalam bentuk kristal selanjutnya diblender supaya jadi bubuk atau bisa juga ditumbuk secara tradisional.
10. Tahap terakhir adalah pengemasan. Jahe merah yang sudah berubah bentuk jadi serbuk dimasukan ke dalam plastik packing kalau mau dijual dan dimasukan ke dalam toples kalau untuk konsumsi pribadi.
11.  Jahe merah yang sudah jadi serbuk tadi, kalau penyimpanannya bagus bisa bertahan 6 – 12 bulan yah.
12. Takaran pembuatan minuman jahe merah instan tergantung selera yah, tapi yang standar atau umumnya dalah 2 sendok makan, dilarutkan dengan 1 gelas air hangat atau panas .


Selamat mencoba